REVIEW GOOGLE PIXEL 2016: HP 2-Jtan serasa kamera DSLR (di 2019)

REVIEW GOOGLE PIXEL 2016: HP 2-Jtan serasa kamera DSLR (di 2019)


Google Pixel adalah hape pertama yang berlogo google secara resmi setelah seri nexus 6 tahun berjalan. Sejak tahun 2016 google mengeluarkan hape sendiri walaupun dalam pembuatannya melibatkan berbagai pihak seperti motorola dan HTC. Dulu tahun 2016 Google pixel generasi pertama ini langsung berhasil menggaet hati pasar smartphone di Amerika dan langsung menyabet beberapa award baik dari youtuber maupun media ternama. Sebut saja MKBHD youtuber pakar smartphone yang menyematkan Most Valuable Phone dan best camera pada google pixel di tahun 2016, dan hingga sekarang dia juga masih menggunakan seri pixel tapi sudah ke generasi ke 3. JerryRIgEverything juga menyandangkan gelar most repairable phone 2016 dan masih banyak lagi reward untuk hape ini yang tidak bisa saya sebut satu persatu. Artinya hape ini memang menjadi raja smartphone di zamannya, build quality-mantab, kameranya mantab, androidnya pasti dijamin terbaru selama 3 tahun ke depan dan lain-lain. Tapi yang menjadi pertanyaan adalah, apakah hape ini masih worth it di tahun 2019 setelah disusul kedua kakaknya?

Oke, saya sudah memegang hape Google Pixel ini sejak bulan November 2018 dari Tokopedia seharga Rp 2.550.000,- di WT Teknologi (sekarang sudah Rp 2.150.000,- per bulan Februari 2019). Perlu diketahui hape yang saya review ini adalah second dari tokopedia (mungkin refurbish) tapi kondisinya masih layak banget mulus kayak new. Kalau semisal kita beli baru dulu di tahun 2016 seharga USD 600 atau sekitar 8jtan terus kalau kena pajak bisa sampai 10jt an lebih. Jadi sejak tulisan ini dibuat hape ini sudah berada di tangan sekitar 4 bulanan, dan saya sangat puas dan tidak kecewa sama sekali dengan hape ini. Ini beberapa alasannya.


1. Hape Terbaiq 2016
Sudah tidak terlalu dijelaskan panjang lebar sebenarnya tentang hal ini, yang namanya terbaik ya sudah baik semuanya. Diproses dengan CPU Qualcomm Snapdragon 821 (14nm) Quadcore (2 x 2.15 GHz Kyro & 2 x 1.6 GHz Kyro) dan Adreno 530  (maaf terlalu banyak angka) pasti sudah cepat dan tanpa lag apalagi ditambah dengan RAM 4 GB. Ya memang ini adalah mesin yang sudah ketinggalan 3 tahun, namun performanya tetap cepat sekali. Hampir tidak pernah hape ini ngelag saat dibuat proses-proses berat sekalipun. Walaupun ini memang sudah ketinggalan zaman, tapi hape ini ada di kelas flagship atau premium di zamannya. Jadi, jika dibandingkan dengan hape yang juga seharga 2 jt an pasti hape ini juaranya.

Akhir-akhir ini saya memang sudah tidak terlalu hobi nge-game di smartphone, tapi kalau kalian mencoba hape ini untuk ngegame, pasti sangat lancar. Jangankan game MOBA analog atau PUBG, game-game berat ber giga giga juga dilibas abis. Banyak review-review di YouTube yang sudah mencobanya, aku sih ngga. Soalnya aku beli hape ini bukan untuk nge game, tapi untuk bekerja dan berfoto-foto. Overall untuk masalah performa dan lain-lain tidak ada kendala sama sekali.
Beberapa referensi video review google pixel di youtube yang paling top dari sisi hardware dan software. (tapi perlu diingat untuk yang software sebenarnya sudah jauh berbeda dengan review tahun 2016 karena yang sekarang sudah banyak update)

MKBHD 
https://youtu.be/NKY93vCiPIo (smartphone award 2016)
JerryRigEverithing 
 https://youtu.be/18nJ3hjUCTw (durability test) 


2. Versi Android
Dari awal beli hape, aku sudah jatuh cinta dengan android stock yang memang pure murni android tanpa di edit oleh vendor hapenya. Dulu saat beli hape aku lebih memilih motorola karena hape murah yang mirip dengan stock android. Sekarang Google pixel itu malah stock android asli yang akan diupdate 3 tahun setelah android Nougat. Artinya hape ini akan disupport sampai android Q (katanya) dan sekarang hape ini sudah di android Pie sejak aku pertama memegangnya. Selain upgrade besar, setiap bulan juga pasti ada security update dan pembaharuan kecil-kecilan. Jadi, dari sisi software selalu aman lah, tidak ada yang dikhawatirkan. Fitur-fitur google terbaru pasti mampir ke sini dulu sebelum hape lain merasakannya walaupun kelas atas. Sebut saja Samsung S9, Samsung Note 9 dan beberapa HP Flagship dari Xiaomi, LG, Oppo dll yang baru saja memperoleh Android Pie.

Kemudian hal yang paling keren dari stock android adalah lebih ringan dan lebih smooth saat menjalankannya. Kalau memang error dan ada bug, nanti akan dibenarkan dengan cepat, karena setiap bulan bisa dipastikan mendapatkan security update. Seperti dulu saat pertama kali aku pakai di bulan November dan saya upgrade ke pie battery nya boros banget mungkin bisa sehari ngecas 3-4 kali. Namun tidak lama kemudian ada update rutin dan performa batterynya meningkat sangat signifikan. Sekarang mungkin ngecas 1-2 kali sehari, hal yang wajar dilakukan hape-hape masa kini, dan masalah ini tak anggep selesai dengan membawa power bank. Dulu hape ini tidak support OTG flashdisk, namun mulai bulan Januari kemarin Google Pixel sudah support kalau tak tencepin flashdisk USB C. Dan akan banyak lagi improvement yang dilakukan setiap bulan. Mantab betul ini hardware plus softwarenya, Performanya bagus softwarenya update terus.


3. Kamera pastinya
Ini dia hal yang paling menarik dari hape ini, alasan utama aku beli hape ini adalah karena kameranya yang luar biasa mantul. Hasilnya tidak kalah sama DSLR mahal, atau mungkin g terlalu berbeda jauh juga kualitasnya dengan kakaknya google pixel 3 yang sekarang dibandrol harga sekitar 14JT. Catatan, untuk google pixel yang saya review ini sudah diupgrade ke Android Pie Security Update bulan Februari dan menggunakan aplikasi foto dari Google pixel 3 yang bukan dari bawaan (cara install akan diupdate di artikel yang berbeda). Sebenarnya spesifikasi kameranya secara angka tidak begitu mencengangkan, hanya 12 MP untuk kamera utama dan 8 MP untuk kamera depannya, spesifikasi lebih lanjut klik https://www.gsmarena.com/google_pixel-8346.php. Untuk mempermudah pembahasan terkait kamera, saya akan membahas dari setiap fitur kameranya seperti berikut:

a. Foto biasa
Ini adalah foto yang paling sering diambil karena pengaturan foto secara default dengan HDR auto diaktifkan. Hasilnya jos betul bisa dilihat di gambar berikut:




    
Hasil warnanya jelas terlihat dan cerah, semua objek diambil tanpa ada missing moment, artinya tidak ngeblur karena gerakan yang terlalu cepat atau hapenya getar. Foto saat acara pun masih terlihat cerah di dalam dan diluar tidak putih (karena terlalu cerah), dinamic rangenya masih terjaga maksudnya sisi yang gelap tetap terlihat, tapi sisi yang terlalu cerah juga tetap terlihat. Warna langit yang diambil juga tetap biru natural, bukan yang terlalu biru ataupun terlalu soft. 


   
Berbeda dengan foto berikut yang diambil dari MOTO E4 Plus (harga saat beli saat itu Rp 2.100.000,- baru 2016 sekarang 1.5jt). Warnanya soft, pengambilannya blur saat objek bergerak, warna langitnya juga kurang cerah dll. Dulu harganya sama dengan yang saya beli sekarang namun hasilnya sangat berbeda sekali.

b. Foto cepat
Fitur ini yang agak sulit ditemui di hape-hape seharga 2jtan bahkan di tahun 2019 juga. Rata-rata hape low budget memiliki shutter speed (kecepatan tembak) yang lambat. Atau kalau di metadata pengambilan gambarnya sudah cepat, namun tidak diimbangi dengan pemrosesan yang setara. Sehingga kabarnya tetap kabur. Coba bandingkan gambar dibawah 


  
Seberapa cepat sih orang bergerak saat istirahat ditempat ketika upacara? Foto pertama sudah kabur walaupun siang hari dan gerakannya sedikit. Namun lihat foto kedua, sama-sama settingnya siang hari dan bayangkan mereka berlari-lari melalui permainan naga-nagaan tapi tetap jelas foto, warna dan yang penting tidak kabur sama sekali. Lihat gerakan dan ekspresinya anak-anak, foto itu tidak mungkin diambil ketika mereka diam. Ini karena kabarnya Google Pixel itu konstan mengambil gambar setiap waktu, terus saat kita tekan tombolnya nanti dia akan mengambil beberapa gambar sebelum dan sesudahnya untuk mengambil yang terbaik dan mengurangi gangguan-gangguan tidak jelas.


  
Tidak hanya di siang hari, foto ini saya ambil di malam hari dengan cahaya yang cukup tapi hasilnya mantab. Ya walaupun tidak bisa freeze semua berhenti namun bisa bayangkan dengan kondisi cahaya yang hanya menggunakan lampu dan orang-orang kalau hadrohan tangannya bergerak cepat sekali. Foto ini masih bisa mengambil fokus dengan efek bokeh, warnanya tajam dan lumayan terdiam. Mantab.



Bukan dalam rangka aku kampanye, tapi perhatikan foto ini. Dengan sempurna terpotret tanpa ada blur padahal baru naik motor dengan kecepatan sekitar 40 KM/jam. Cepat dan akurat warnanya tanpa ada kurang sedikit apapun. Mantab betul pokoknya kamera ini.

c. Foto Portrait (bokeh)
Ini dia fitur favoritku, buat foto bokeh walaupun hanya dengan menggunakan satu kamera. Bokeh ini sebenarnya adalah fitur milik kakaknya google pixel 2 dan 3, jadi untuk di kamera bawaan fitur ini masih sangat jelek. Ada sih fiturnya, tapi harus digerakkan ke atas untuk mengetahui depth field (kedalaman objek) maksudnya mana yang di depan dan mana yang dibelakang. Tapi dengan aplikasinya milik google pixel 3 ini sekali jepret langsung bisa berhasil tanpa ada gerakan tambahan, sudah seperti hape mahal zaman sekarang beneran. Bahkan sudah seperti kamera DSLR saja. Tapi kekurangannya untuk fitur ini terkadang masih kasar dan kurang cerdas pemotongan mana fokus dan bukan. Fitur ini sangat berdasarkan manusia, jadi ketika dia tidak mendeteksi wajah manusia secara sempurna maka fitur ini tidak akan berhasil dan hanya akan menampilkan foto biasa tanpa efek bokeh. 





.        
Kalau memang pencahayaannya lagi bagus dan posenya sempurna (maksudnya seluruh wajahnya menghadap ke kamera) ditambah dengan warna baju dan backgroundnya kontras pasti fitur ini akan berhasil dengan sempurna. Dan kalau ada beberapa wajah kita hanya bisa ngikut manut sama si google pixel nanti ada berapa orang yang ingin difokuskan. Ingin semuanya, dibagian depan saja atau bahkan semua orang fokus dan hanya mengeblurkan backgroundnya. Hasil blur nya kita sudah tidak bisa mengganti lagi untuk ditambah objek yang blur atau mengurangi objek yang blur. Namun pada akhirnya kita bisa diberi pilihan antara foto yang diberi efek blur dan foto yang biasa kalau blurnya tidak tepat. Untuk editing hanya bisa mengganti seberapa blur fotonya dan fitur color pop up. Atau yang blur dijadikan grayscale/ abu-abu dan yang fokus tetap berwarna.


  
Perhatikan lingkaran merah tersebut, kalau mungkin wajahnya tidak terlihat secara sempurna, atau warna objek depan dan belakangnya mirip mirip nanti si google akan bingung dan terkadang ada objek yang salah fokus. Objek yang harusnya blur malah jadi tetap fokus karena warnya mirip dengan rambut. Yang satunya malah ke blur karena wajah orang berbaju coklat tidak terlalu terlihat. Jadi dia bingung untuk mengidentifikasi yang mana orangnya. Fitur ini sudah menggunakan AI core nya google yang berarti dia secara cerdas mendeteksi mana orang dan mana yang bukan orang, terutama melalui wajah. Terus kemudian si google pixel juga akan mendeteksi tangan, baju, badan dll yang biasanya ada setiap ada objek manusia. Untuk fitur yang sebenarnya tidak ada di sini mantaaaab sudah bisa sejauh ini. Fitur ini yang membuat orang lain di sekitar tercengang akan hasil fotonya. Padahal dari bodynya terlihat hape biasa dengan bezel yang masih tebal.



   
Kalau memang pencahayaannya dan posenya pas, hape ini menurutku sudah pantes untuk dijadikan kamera utama setiap kegiatan. Hasil-hasil fotonya sudah seperti kamera mahal dan pantes untuk menjadi cover majalah. Lihat saja, ini hanya sebagian sampel foto, sebenarnya masih ada banyak lagi. Karena semenjak aku megang hape ini jadi ingin foto foto terus. Thanks google

Untuk malam hari juga tetap bisa portrait dan hasilnya tetap memuaskan tidak kalah dengan yang siang hari.



Sebenarnya selain bisa untuk wajah, bisa juga untuk objek lain, tapi memang bukan di fitur portrait sih, tapi tetap ada efek blurnya. Dan mantab untuk foto produk. Seperti





d. Foto Selfie
Sebagus kamera belakang, foto selfie juga top dan joss kualitasnya. Memang agak jarang digunakan sih karena memang g hoby selfie. Tapi hasilnya juos dan mantab sekaligus bisa efek bokeh juga. Bisa dilihat seperti ini




     
Ya, walaupun tidak sempurna tapi selfie ini sudah paling mantab jiwa dari hape-hape lain yang pernah tak pegang. Potongan bokehnya mantab abis, ya walaupun untuk level rambut masih belum sempurna. Namun untuk yang lain, asalkan masih ada wajahnya hasilnya mantab jiwa dan sangat pantas untuk di share di sosmed atau dijadikan foto profil. Walaupun kameranya terbalik kanan kiri (dan bisa di edit setelahnya) tapi itu hal minor yang menurutku tidak penting untuk dijadikan pertimbangan. Yang penting kualitas gambanya mantab jiwa.


tidak hanya ketika siang hari, malam hari di kafe yang relatif gelap pun tetap terlihat tanpa bantuan lampu tambahan. Hanya lampu kafe yang remang-remang. Tapi semua tetap terlihat tanpa ada gangguan yang berarti.

e. Foto pemandangan/ landscape/ langit
Seberapa tajam gambar, seberapa biru langit, seberapa cerah gambar, seberapa dinamis foto dan seberapa natural foto yang diambil. Paling tidak ini hal-hal penting dalam pengambilan gambar landscape.



    
Bisa diperhatikan dan dibandingkan dengan hape 2jtan lainnya. Warna yang dihasilkan sangat kaya, baik itu hijaunya daun, birunya langit, detailnya batu, perbedaan gelap terang yang cukup dinamis semua ada di kamera ini. Warna yang dihasilkan begitu kuat dan tidak soft, cocok sekali untuk foto-foto pemandangan di luar.

f. Foto malam
 



Foto ini diambil dengan hape yang sama, waktu yang berdekatan dan pose yang sama, namun yang satu kita aktifkan fitur night sight yang satu foto biasa. Bisa dilihat perbedaannya. Padahal itu kondisi malam-malam dan sangat minim lampu karena posisinya baru di makam. Pengambilan gambar di malam hari tapi tidak terasa kalau malam, ya memang shutter speednya di lambatkan, namun hasilnya begitu memuaskan. Seakan tidak papa kalau foto nya lama, yang penting hasilnya keren.


Kalau dua foto ini memang terlihat kurang memuaskan, tapi bisa dibayangkan kalau kondisi ini betul-betul gelap hanya ada 1 lampu menyala, yang satu di depan rumah yang satu di dalam mushola. Semuanya betul-betul gelap. Namun masih bisa memotret gambar dan terlihat cerah (walaupun agak kabur) aku bisa memaklumi dan sangat puas karena bahkan hape lain tidak bisa mengambil gambar sedikitpun kecuali hanya gelap gelap saja.


Dengan pencahayaan seadanya gambar ini tidak terasa diambil ketika malam hari. Warna dan gambar yang dihasilkan begitu cerah dan kuat. Ya walaupun kipasnya agak blur. Tapi seluruh gambar bisa terlihat dengan jelas tanpa ada kurang suatu apapun. Dan untuk semua gambar malam di atas itu sudah menggunakan fitur night sight. Karena kalau tidak dipakai hasilnya akan kurang memuaskan.
Namun ya jika dibandingkan dengan hape 2019 ada beberapa yang kurang sih, seperti

1. Desain

Yaaa... karena ini adalah hape jaman 2016 dan perubahan desain hape berubah trennya mulai 2017 dan sekarang 2019 sudah layar semua. Jangankan untuk tahun 2019, dulu disaat rilis pertama tahun 2016 saja hape ini menuai banyak kritik dari sisi desain. Tapi google lebih mementingkan kegunaan pragmatis fungsi hape daripada estetika dan keindahan. Jadi jelas, desain hape ini ketinggalan zaman. Bezel samping atas dan bawahnya kosong mlompong tanpa ada speaker depan atau tombol depan. Tapi aku g masalah dengan desain ini, yang penting bisa tetap di gunakan. Lagian aku hidup di lingkungan orang-orang yang hapenya awet dan tidak update kecuali rusak. Berarti dari sisi desain di lingkunganku sendiri aman dan masih sama dengan teman-temanku.

2. Battery
Hape ini hanya 2770 mAh berarti hanya sekitar setengahnya hapeku sebelumnya yaitu Moto E4 plus yang berisi 5000mAh. Sangat berbeda daya tahannya, dulu jarang sekali ngecas di waktu siang atau sore, karena ketika kita mengisi penuh di malam atau pagi hari. Battery nya awet sampe malam bahkan sampe keesokan harinya. Sekarang sehari sudah biasa ngecas 2 x bahkan terkadang juga sampe 3x. Tapi masalah ini selesai ketika kita membawa power bank sebenarnya. Aku beli hape ini untuk kameranya bukan battery nya. Kalau batere itu masih bisa ditolong dengan power bank, tapi kalau kamera dan kualitas hape sekelas ini hanya bisa ditemukan di google pixel.

Tapi overall kekurangan diatas tidak mengurangi kekhusukan saya dalam menggunakan hape ini, terutama karena performa dan kameranya. Untuk acara-acara sudah cukup bagi saya hanya membawa kamera ini saja sebagai alat untuk mendokumentasikan. Sudah terbukti dan teruji di segala kondisi.

Previous Post
Next Post

post written by:

0 Comments: