Memasukkan Data EXEL kedalam MySQL dengan menggunakan format .CSV

Memasukkan Data EXEL kedalam MySQL dengan menggunakan format .CSV

Dengan memanfaatkan file extensi .csv merupakan file excel dapat digunakan untuk mengkonversi data excel ke MySql. Jadi dengan memanfaatkan cara ini kita tidak perlu melakukan proses insert data satu per satu ke MySql. Hal ini sangat mendukung untuk perpindahan data yang sebelumnya bersifat konvensional menjadi terkomputerisasi.  Daripada panjang lebar mari cara yang mudah ini kita bahas :) tetapi file exelnya harus sama kolumnya dengan yang di mysql
Oke, langkah pertama buatlah database MySqlnya dulu, hehe

Db MySql
Seperti contoh gambar diatas saya membuat database percobaan, kemudian saya membuat table database widhiecyber kemudian saya konfigurasi seperti gambar dibawah ini:
Kemudian kita siapkan file excel yang akan kita konversi .csv dulu seperti gambar berikut ini :

Konversi .xls ke .csv
Untuk penulisan variabel disarankan untuk langsung ke data yang akan diinputkan, jadi kita harus mengurutkannya dulu. Setelah file .csv telah tersimpan maka kita dapat mengimportnya ke MySql seperti gambar berikut ini :

Import File .csv
Pilih Format of imported file dengan mode csv, kemudian isi dari textfield Fields terminated by yang tadinya “;” diganti “,” . Setelah itu baru klik tombol Go dan hasil tablenya adalah seperti berikut ini :

Konversi Sukses

Previous Post
Next Post

post written by:

0 Comments: