Krisis Kepemimpinan: With Great Power Comes Great Responsibility

Krisis Kepemimpinan: With Great Power Comes Great Responsibility

Begitulah kata uncle ben semasa detik detik meninggalnya kpada peter parker dalam sekuel spiderman 1 (tanpa the amazing)

Kata kata tersebut sangat cocok dikatakan kepada peter karena pada saat itu memang peter baru saja mendapatkan kekuatan yg besar paska digigit laba laba super. Artinya dia juga harus siap untuk menerima tanggung jawab besar sebagai resiko kekuatan besarnya

Film tersebut juga berlaku didunia nyata. Yaaa walaupun tidak sebesar kekuatannya si spiderman tapi sebesar apa kekuatan dan kemampuan yg dimiliki akan berbanding lurus terhadap tanggung jawab yang diberikan.

Orang orang yang berjiwa pekerja dan siap menerima perintah banyak eksis. Tapi sosok pemimpin yang bisa mengkoordinir dan mempengaruhi orang lain untuk bekerja sama dan bekerja bersama sama masih sangat sulit ditemukan. Karena kemampuan ini langka dan membutuhkan pendidikan dari pengalaman yg keras.
Menjadi pemimpinnya manusia bisa dibilang pekerjaan yg sulit. Karena yang dipimpin adalah manusia yang dinamis dan mempunyai akal serta fikirannya sendiri. Mudah saja saat menggiring bebek ke ladang atau mereparasi komputer, hal ini karena yg dipimpin bersifat statis dan tidak mempunyai inisiatif sendiri.

Tapi kalau manusia?? Hal yang sangat rumit dipimpin, pasti akan muncul masalah kelompok antar person jika tidak dikoordinir dengan tepat, belum lagi masalah pribadi per person. Dan saat hal ini dibiarkan pastinya akan timbul gap dan sekte sekte yang akan memecah belah kelompok.

Dan saat ini di Indonesia secara umum masih krisis pemimpin yang sebenarnya. Oleh karena itu saat ada orang yang berjiwa pemimpin nantinya dia secara otomatis akan memimpin, apapun posisinya sekarang. Dan saat masa dia selesai menjadi pemimpin secara formal tapi digantikan dengan pemimpin yg tidak bisa mengontrol masa secara otomatis juga orang yg mempunyai kemampuan memimpin masih merasa mempunyai tanggung jawab untuk ikut campur walau dalam bentuk bantuan kecil.

Be the spiderman
With great power comes great responsibility

Salam volunteer

Previous Post
Next Post

post written by:

0 Comments: