Analisi Hasil UN hampir 100%  tanda pendidikan membaik atau semakin buruk?

Analisi Hasil UN hampir 100% tanda pendidikan membaik atau semakin buruk?

Telah beredar banyak di media massa pada tahun ajaran 2013/ 2014 mengenai hasil UN SMA maupun SMP yang menuliskan 99% lebih siswa SMA dan SMP sederajat dinyatakan lulus. Jadi hanya kurang dari 1% dari seluruh Indonesia yang tidak lulus. Pertanyaannya:
apakah ini merupakan tanda keberhasilan program pemerintah dalam dunia pendidikan sehingga menghasilkan output yang bagus? 
Atau bahkan tanda semakin memburuknya keobjektifan penilaian Ujian sehingga mengkatrol banyak siswa yang belum mampu dinyatakan lulus?

 

Sudut Pandang Keberhasilan Pemerintah

Akhir-akhir ini pihak pemerintah memang baru gencargencarnya memperbaiki sistem pendidikan, mulai dari program sertifikasi untuk guru hingga perubahan kurikulum yang signifikan. Pemerintah memang mengharapkan perubahan yang berarti dari beberapa langkah yang ditempuh. Dan hasilnya jika menengok 2 atau 3 tahun yang lalu, hanya beberapa sekolah saja yang mampu meluluskan siswanya secara sempurna (100%) dan lebih parahnya lagi ada sekolah yang muridnya tidak lulus 100%. Sungguh ironi.
Dengan perubahan pemerintah mengenai beberapa hal, terutama perubahan kurikulum sekolah dan program profesional guru. Sekarang hampir semua sekolah dapat meluluskan semua muridnya atau lulus dengan predikat 100%. Jika dilihat dari segi positif, pemerintah berhasil menjalankan beberapa langkah kerjanya. Dan semakin dekat dengan tujuan negara untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dan menuntaskan kebodohan diseluruh Nusantara.

 

Sudut Pandang Kecurangan

Memang secara kasat mata hasil UN kali ini memuaskan karena hasilnya hampir 100% lulus semua. Namun dibalik angka yang cukup tinggi kali ini ternyata menyimpan beberapa kecurangan dan ketidakadilan.
Diatara beberapa kecurangan yang ada antara lain seperti pengkatrolan nilai di sekolah, karena hasil UN tidak mutlak pada UN saja melainkan 40% dari pihak sekolah yang menentukannya. Pihak sekolah tentu menginginkan siswanya lulus semua, karena output sekolah tahun ini sangat menentukan animo masyarakat terhadap pendaftaran siswa baru pada tahun berikutnya. Dengan banyaknya pendaftar yang masuk otomatis banyak formulir dan uang pendaftaran yang masuk. Lagi-lagi ujungnya uang lagi.
Selain itu tingkat keobjektifan penilaian juga sebenarnya patut dipertanyakan. Karena saya pribadi banyak menjumpai kejanggalan-kejanggalan akademik yang terjadi dibeberapa wilayah dan di setiap jenjang. Seperti contoh, saya memiliki beberapa teman, yang curhat kepada saya mengenai nilai hasil try out yang dilakukan beberapa kali menjelang UN. Teman saya menceritakan bahwa hasil tryout rata-rata satu kelas tidak mencapai nilai 5.00. Jadi secara analisis pada kelas tersebut kebanyakan siswanya tidak lulus karena rata-ratanya hanya 5.00 saja untuk mata pelajaran tertentu. Anehnya, saat pengumuman kelulusan, satu sekolahan dinyatakan lulus semua 100% dengan hasil rata-rata lebih dari 7.00. Apa yang melatar belakangi kejanggalan akademis ini? Apakah dari pihak sekolah, atau pemerintah yang memang menkatrol nilai agar memperbaik citra sekolah dan siswanya?
Tidak hanya itu, hampir semua nilai try-out dan UN hasilnya terlampau jauh, selangnya hingga 1 sampai 2 digit nilai. Padahal kalau dari pihak sekolah hanya mendapat porsi 40% saja. Saya saja dahulu waktu SD, SMP, hingga SMK tidak menyangka kalau NEM saya segitu. Semisal waktu SMP, saya pernah 2 kali gagal dalam try out dan hasil rata-rata setiap tryout hanya 6-7 saja. Tapi saat pengumuman hasil UN, saya hampir tidak percaya karena saya mendapatkan ranking 10 besar dengan NEM 34.00 dengan rata-rata 8.50. Dapat dari mana saya nilai segitu, padahal porsi belajarnya pun tidak telalu saya tingkatkan. Begitu juga waktu SMK, saat sebelum UN nilai saya hampir tidak ada yang menyentuh angka 8. Bahkan saya pernah bangga mendapat nilai 4.25 karena saya memang termasuk tinggi waktu itu. Namun saat pengumuman hasil UN. NEM saya 35.20 dengan 4 mapel dan rata-rata hampir mencapat 9. Dapat dari mana saya nilai setinggi itu?
Ada juga cerita dari kakak kandungku sendiri yang pernah mengajar siswa SMK di kota M, yang notabene masih jauh dari perkotaan. Disana kakakku bercerita mengajar siswa SMK jurusan Komputer, yang memang jurusan unggulan saja, belum bisa menguasai perkalian dan pembagian dasar. Batinku, darimana dia bisa sampai ke jenjang SMK jurusan komputer kalau matematika dasar saja tidak menguasai. Darimana mereka naik kelas dan lulus UN? Padahal soal UN berkala Nasional dan diharapkan dapat meratakan pendidikan yang ada diseluruh Nusantara.
Dari beberapa kasus diatas apakah penilaian UN ini sudah fair atau adil? Apakah hasil ujian ini murni dari kerjaannya peserta Ujian? Ataukah sudah dikatrol sehingga dapat mencapai nilai tinggi? Memang secara kasat mata dan matematis pendidikan kita semakin meningkat. Namun apakah secara kualitas lulusan sudah meningkat menurut tujuan pendidikan nasional? Ini yang menjadi tugas kita selaku penerus generasi bangsa Indonesia. Hidup Pendidikan Indonesia!!!


Previous Post
Next Post

post written by:

0 Comments: